Tujuan Liburan Terbaik Buat Anda Para Pecinta Sepakbola

Bagi Anda para penggemar sepak bola, saatnya melupakan sejenak masalah rivalitas antar klub. Tidak ada yang salah untuk menikmati kemegahan stadion-stadion sepak bola ternama serta mengagumi kekayaan kultur klub dari berbagai belahan dunia.

Dan bagi Anda yang sedang berpelesir, jangan ragu untuk menengok arena lapangan hijau yang dibangun begitu apik. Selain sebagai tujuan wisata, di sini Anda akan memahami alasan mengapa sepak bola menjadi nyawa bagi penggemar-penggemarnya.

Di samping keindahan yang dimiliki, beberapa destinasi berikut dianggap sebagai ikon dengan atmosfer sepak bola yang amat kental. Setiap klub menawarkan tur istimewa untuk menjelajah istana kebanggan mereka dan membantu pengunjungnya memperkaya pengetahuan di dunia sepak bola.

Beberapa Daftar Tujuan Terbaik

London

London

Selama menikmati turnamen Piala Dunia, Anda tentu pernah mendengar istilah it’s coming home ketika tim nasional Inggris berlaga. Alasan di balik penggunaan kalimat ini dikaitkan dengan negara Inggris yang merupakan tempat kelahiran sepak bola modern. Inggris selalu identik dengan olahraga tersebut, termasuk euforia English Premier League dan kefanatikan penggemarnya. Maka dari itu, negara Ratu Elizabeth tersebut wajib didatangi bagi Anda yang mencintai sepak bola.

Ketika mengunjungi Inggris, London akan selalu masuk ke dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi. Ibu kota negeri Tiga Singa ini memang memiliki tempat-tempat istimewa, seperti Buckingham Palace, Kensington Palace, dan Westminster.

Dikenal sebagai salah satu kota mode, London juga merupakan rumah bagi tim-tim sepak bola besar dan bersejarah. Di antaranya adalah Chelsea FC yang bermarkas di stadion Stamford Bridge, Arsenal dengan Emirates Stadium miliknya, dan West Ham United di kandang megah mereka London Olympic Stadium.

Sempatkan pula untuk mengunjungi White Hart Lane dimana sang superstar Inggris, Harry Kane, berlaga bersama klub Tottenham Hotspur. Tak lupa, kota ini juga memiliki stadion terbesar dan bersejarah kebanggaan warga St. George Cross yaitu Wembley Stadium yang disebut-sebut sebagai ‘katedral’ sepak bola. Di sinilah sang legenda Inggris, Bobby Moore, mengangkat tripp Jules Rimet (piala World Cup) bersama The Three Lions tahun 1966 silam.

Liverpool

Liverpool

Dari London kita beralih menuju Liverpool, kota yang terletak di wilayah barat laut Inggris dan berjarak kurang lebih 283 kilometer dari ibu kota. Kota pelabuhan ini adalah kandang bagi salah satu klub raksasa ternama di Liga Inggris yaitu Liverpool Football Club.

Bagi Anda yang mengaku sebagai Kopites, stadion Anfield wajib masuk ke dalam agenda tur kota Merseyside. Pengunjung akan diajak menyusuri sejarah dan kesuksesan tim yang telah menjuarai 5 piala Champions League dan 18 piala Liga Premier tersebut, termasuk menyaksikan stand The Kop yang terkenal dari jarak dekat, hingga melihat berbagai koleksi pribadi dan penghargaan milik kapten legendaris mereka, Steven Gerrard. Anda juga bisa mengunjungi Hillsborough Memorial yang terletak di tepi area stadion.

Sekitar 2 kilometer dari Anfield, berdiri pula sebuah arena pertandingan bernama Goodison Park milik rival sekota The Reds yaitu Everton Football Club.

Di luar perihal sepak bola, nama Liverpool juga dikenal sebagai kota kelahiran The Beatles. Setelah puas menjelajah megahnya stadion Anfield dan Goodison Park, Anda dapat mampir menuju The Beatles Story Museum  yang letaknya tak jauh dari The Royal Albert Dock sekaligus menikmati indahnya matahari terbenam di tepi dermaga.

Manchester

Manchester

Satu lagi kota di wilayah barat laut Inggris yang memiliki atmosfer kental sepak bola yaitu Manchester. Dikenal pula sebagai kota industri, Manchester merupakan rumah bagi dua klub besar yaitu Manchester United dan Manchester City.

Manchester United yang berjuluk The Red Devils memiliki stadion legendaris dan paling besar di antara klub-klub sepak bola Britania Raya lainnya bernama Old Trafford. Area stadion yang juga dikenal sebagai Theater of Dreams tersebut dihiasi dengan patung-patung legenda United yang ditujukan sebagai tribute, di antaranya adalah The United Trinity (terdiri dari George Best, Denis Law, dan Sir Bobby Charlton), patung sang mastermind Sir Alex Ferguson, dan Matt Busby. Berjalan sekitar 7 kilometer dari Old Trafford, Anda akan menemukan Etihad Stadium yang menjadi markas juara Liga Inggris musim 2017/2018 lalu, Manchester City.

Selain kedua arena olahraga tersebut, National Football Museum juga berdiri megah di tengah kota Manchester. Museum ini merangkum berbagai kisah dan sejarah persepakbolaan nasional Inggris serta menjadi tempat eksibisi pernak-pernik sepanjang masa dunia sepak bola, seperti seragam klub-klub Liga Inggris dan tim nasional, foto-foto pertandingan 30 tahun terakhir, hingga Hall of Fame bagi para legendanya. Tak ketinggalan, piala Jules Rimet yang berharga turut dipajang di dalam museum ini.